Sirkuit Manggul Lahat Sumsel Siap Gelar Kejurnas Karting

0
92
views
Banner Sirkuit Manggul di Sentul Kecil
Banner Sirkuit Manggul di Sentul Kecil

Tanpa koar-koar, tanpa promo dan tanpa ba..biii…buuu.. dan terbuuuuuuukti jadi sirkuit, itulah sepak terjang dan ide gila Saefudin Aswari Rivai dan jadilah sirkuit Manggul, Lahat Sumatera Selatan.

Bangga dengan hanya jadi sirkuti saja? Tentu tidak laaah, mimpi ingin membuat sirkuit Lahat sebagai kawah candradimuka otomotif Lahat khususnya dan Sumsel pada umumnya adalah awal sirkuit sepanjang kurang lebih 1,6 km ini terwujud. Puas setelah bikin 2 event road race? Sama sekali belumlah terpuaskan.

Indra Zafella dan Eris Mahpud
Indra Zafella (kiri) dan Eris Mahpud

Mimpi Sirkuit Manggul Lahat menjadi One Stop Sportainment rupanya menjadi impian, tidak hanya roda 2 saja yang bisa meramaikan sirkuit dibangun dilahan seluas 10,5 hektar, namun balap roda 4 terutama karting sudah menjadi bidikan selanjutnya, hal tersebut terendus OZ saat gelaran Kejurnas Eshark Rok Cup 2017 putaran 4 Sentul, Minggu kemaren (30/7), dimana terlihat Indra Zafella, direktur sirkuit Manggul tampak serius memperhatikan jalannya event karting Indonesia dan berkonsultasi dengan banyak pelaku karting Indonesia.

“Sirkuit Manggul Lahat sangat layak gelar event Kejurnas Karting, tentunya harus memenuhi 3 syarat baku sesuai aturan yang ada dalam dunia karting, awalnya Manggul dibikin untuk sirkuit balap motor, makanya 3 hal yang harus dilakukan agar sirkuit Manggul layak untuk gelar Karting, yaitu pengaspalan, Kerb dan Run Off, dan street karting maksimal 180 meter, jadi panjang track Manggul 400 meteran harus dipotong dan dibikin jalur baru untuk lintasan karting”, masukan dari Promotor kejurnas Eshark Rok Cup Indonesia dan Asia, Eris Mahpud.

Indra Zafella - Sirkuit Manggul Lahat
Eris Mahpud dan Indra Zafella (kanan)

“Jika 3 syarat itu dilakukan, akhir Desember tahun ini, siap digelar event eksebisi karting, dan tahun depan, minimal 1 atau 2 seri Kejurnas Karting akan digelar di sirkuit Manggul”, tambah Eris.

Dengan nada optimis dan lantang,

“Siaaaap, dilaksanakan dan segera dilakukan perbaikan dan tambahan sesuai yang diutaran pa Eris, semoga Sirkuit Manggul menjadi sirkuit multi fungsi”,

harap Indra Zafella diamini Panca yang jauh-jauh datang ke Sentul hanya ingin berkonsultasi dan melihat langsung gelaran karting Tanah Air.

Tambahan Om Indra, banyakin toilet, Masjid, minimarket dan tribune penonton di beberapa titik, biar penonton lebih nyaman saat menonton.

Penulis dan photo : Edi Batrawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here